Ingin Mengajari Anak Menabung Sejak Dini? Yuk Ikuti Tips Berikut Ini!

Kamu sebagai orang tua juga pasti ingin mengajari sang buah hati untuk belajar menabung sedari dini kan? Tentu sebelum mengajarkan mengenai konsep menabung kepada anak kamu perlu memberikan pemahaman yang ringkas serta mudah untuk dicerna sang buah hati.

Mengajarkan anak untuk menabung sedari dini menjadi suatu hal yang sangat positif ketika ia sudah dewasa nanti serta akan membantu membentuk kebiasaan baik di masa depan. Menabung termasuk konsep yang belum sepenuhnya dipahami oleh anak tentunya menjadi suatu tantangan bagi para orang tua untuk belajar mengarahkan anak untuk mempersiapkan finansial sedari dini.

Simak beberapa cara mengajarkan anak gemar menabung sedari dini, antara lain:

  1. Memberikan contoh kepada anak

Pada usia anak-anak mereka cenderung suka untuk meniru apa yang orang-orang sekitarnya lakukan. Orang tua dapat memberikan contoh langsung seperti ikut mengajaknya ke bank untuk menyetor uang serta tunjukkan padanya jumlah uang yang sudah kamu kumpulkan agar ia merasa tertarik untuk menabung. Selain itu kamu juga dapat mengajarkan konsep bekerja kepada anak, jadi kamu bisa memintanya untuk membantu pekerjaan rumah dan setelah pekerjaannya selesai kamu akan memberikannya upah yang dapat dia tabung untuk membeli sesuatu yang dia inginkan.

  1. Hadiahkan anak celengan

Kamu bisa mulai membelikan si kecil celengan berbagai bentuk yang lucu dengan pemahaman bahwa jika anak bekerja maka ia akan mendapatkan upah, dengan kamu membelikannya celengan yang lucu ia akan merasa termotivasi untuk terus mengumpulkan uang dan akan terus menabung di celengannya.

Aplikasi Rekomendasi Saham

  1. Jelaskan Manfaat Menabung

Beri penjelasan kepada anak mengenai manfaat menabung secara sederhana bahwa ketika ia mengumpulkan uang-uang yang ia dapat ia bisa membeli barang/mainan yang disukainya. Setelah ia merasakan hal tersebut dan bangga atas hasil yang ia terima tentu ia akan semangat untuk menabung.

  1. Jelaskan Pemahaman Sederhana Tentang Uang

Coba berikan pemahaman sederhana mengenai uang kepada si kecil dengan cara yang menyenangkan baginya, kamu bisa mulai menjelaskan dari jenis, jumlah dan manfaat dari uang itu sendiri.

  1. Ajari Menyisihkan Uang Jajan

Kamu bisa langsung menyisihkan uang jajan anak yang kamu berikan setiap hari atau setiap minggu, tetapi libatkan anak dalam proses ini agar ia mengerti tujuan dan manfaat terjadinya pengurangan uang jajan tersebut.

Simak artikel yang terkait [Keuntungan Menabung Demi Masa Depan Tanpa Cemas]