Cara Membuat Pupuk Humus, Sangat Mudah

Tanah Humus merupakan salah satu jenis pupuk terbaik untuk membantu menyuburkan tanaman. kandungan didalamnya sudah terbukti ampuh dalam menyediakan nutrisi bagi tanam. Kali ini saya akan membahas tentang cara membuat pupuk humus.

Humus adalah kompos yang kaya akan nutrisi dan mineral sebagai makanan yang bergizi bagi tanaman. Ciri-ciri tanah humus yang paling utama adalah warna hitamnya yang pekat. Cara membuat tanah humus sangatlah mudah. Anda bisa melakukannya di rumah, memakai beberapa bahan organik yang terdapat di sekitar lingkungan anda.

Langkah-langkah penting dalam membuat pupuk humus

  • Humus adalah kandungan tanah yang subur kaya nutrisi
  • Cara membuat pupuk humus adalah dengan menciptakan tumpukan kompos yang terbuat dari sampah organik.
  • Tambahkan kotoran kuda bukan kotoran hewan lainnya.
  • Balik secara teratur.
  • Pastikan dalam keadaan lembap namun tidak basah.
  • Ciri-ciri tanah humus adalah berwarna gelap, kenyal seperti agar-agar.

Tanah humus adalah kunci sukses sebuah taman yang subur. Apakah pengertian tanah humus? Humus adalah kompos yang kaya akan nutrisi dan mineral sebagai makanan yang bergizi bagi tanaman.

Ciri-ciri tanah humus yang paling utama adalah warna hitamnya yang pekat. Cara membuat tanah humus sangatlah mudah. Anda bisa melakukannya di rumah, memakai beberapa bahan organik yang terdapat di kebun Anda.

Anda juga bisa belajar lebih banyak mengenai tanah humus salah satunya dengan membaca artikel Cara Membuat Humus yang Mudah dan Dapat Dibuat di Rumah

Cara Membuat Pupuk Humus

Cara membuat kompos tergolong mudah. Kita hanya perlu menyiapkan beberapa alat dan bahan untuk membuatnya. Berikut ini alan dan bahan yang diperlukan :

Alat yang Diperlukan

  • Kotak sampah
  • Alat pencacah
  • Sekop

Bahan yang Digunakan

  • Samapah organik
  • Kotoran kuda (kalau ada)

Langkah-lamgkah membuat pupuk humus

Berikut ini langkah-langkah membuat pupuk humus :

  1. Tentukan suatu tempat. Anda perlu tempat yang cukup di kebun atau taman Anda untuk menampung smapah organik pembuat humus. Sebagai alternatif, Anda dapat memakai container atau kotak sampah.
  2. Apa saja yang bisa dibuat humus? Sayuran, dedaunan, kulit buah, potongan rumput, koran bekas, cangkang telur (bukan telur utuh) adalah bahan-bahan yang baik untuk membuat tanah humus. Sedangkan logam, zat kimia, plastic, makanan hewan, daging atau rontokan tanaman yang berpestisida tidak baik bila kita jadikan bahan pembuat humus.
  3. Sebagai aturan umum, jika Anda tidak bisa memakannya, maka jangan sertakan.
  4. Cacah semua samapah organik yang telah anda kumpulkan sebelum. Jika anda mengalami kesulitan dalam mencacah sampah organik ada bisa menggunakan Mesin Pencacah Kompos.
  5. Setahun itu, masukan sampah organik yang telah dicacah kedalam wadah pengomposan.
  6. Jika memungkinkan, tambahkan kotoran kuda sebagai campuran. Ingat, jangan menambahkan kotoran hewan lain atau manusia.
  7. Bolik-balik kompos Anda dengan teratur. Setidaknya sehari sekali untuk mempercepat prosesnya.
  8. Pastikan tidak terlalu kering atau terlalu basah, kompos harus dalam keadaan lembap.
    Perhatikan perubahan kompos. Jika menjadi hitam gelap dan bertekstur kenyal berarti sudah menjadi pupuk humus yang siap digunakan.
  9. Jika anda ingin menyimpannya, pastikan untuk mengemasnya dengan karung dan simpan di tempat yang teduh.

Mudah bukan cara membuat humusnya? Sekarang anda bisa membuat pupuk humus sendiri dirumah dan hasilnya bisa anda gunakan untuk menyuburkan tanaman kesayangan anda.

Sekian dulu pembahasan saya mengenai cara membuat pupuk humus. Semoga dapat bermanfaat bagi anda