Saksi Bisu Dakwah hingga Bencana, Masjid Raya Baiturrahman

Letak Masjid Baiturrahman berada di Aceh, menjadi bahan pembicaraan pada tahun 2004 yang lalu. Karena begitu dahsyatnya gelombang tsunami membuat bangunan yang ada di sekitar hancur lebur, namun masjid ini tetap berdiri dengan kokoh. Sejarah berdirinya masjid ini sangat melekat dengan masyarakat Aceh. Masjid ini dahulunya pernah terbakar pada tahun 1873. Pada saat itu masjid digunakan sebagai benteng masyarakat Aceh untuk melawan Belanda. Pembakaran masjid ini membuat marah masyarakat Aceh, kemudian masjid dibangun kembali pada tahun 1879. Sampai sekarang masjid ini tampak megah apabila dilihat dari berbagai sudut pandangan. Terletak di tengah-tengah lapangan yang terbuka, lalu ditanami pepohonan kurma. Masjid Baiturrahman ini dibangun ketika kepemimpinan Sultan Iskandar Muda pada tahun 1607 sampai dengan 1636.

Selain dijadikan sebagai tempat beribadah, masjid ini juga digunakan sebagai pusat pendidikan ilmu agama islam. Banyak pendatang berasal dari Persia, Melayu, Arab dan Turki datang berkunjung untuk mempelajari ilmu agama islam. Sampai saat ini, Masjid Baiturrahman berperan penting dalam interaksi sosial serta perkembangan budaya masyarakat Aceh. Arsitektur bangunannya merupakan kombinasi dari berbagai negara. Pada bagian gerbang utamanya menggunakan gaya arsitektur klasik Belanda. Lalu pada bagian serambi di depan pintu utama masjid menggunakan arsitektur Spanyol. Dan ruang utamanya menggunakan arsitektur kuno India.

*Untuk informasi mengenai Pemesanan Kubah Masjid serta Konsultasi di Kontraktor Kubah Masjid:

CV.SINAR SURYA ABADI

• Telepon: 031-7871416

• Handphone dan Whatsapp: 081235648084/082264308124

• Alamat : Jalan Ki Suryo jati selatan Rt.24 Rw.08 Kedungturi Taman Sidoarjo – Jawa Timur 61257

• Buka Setiap Hari Pukul 08.00 – 17.00

• atau Kunjungi di https://kubah-surya.com

Dapatkan harga penawaran kubah masjid terbaik dari kami dengan harga termurah serta berkualitas dengan disertai surat jaminan garansi di setiap produknya.

Kami juga bersedia survey kubah masjid di dalam kota, luar kota,maupun luar pulau dengan secara gratis.