Otten Coffee, Bukti Dedikasi Nyata bagi Perkembangan Kopi di Indonesia

Otten Coffee merupakan sebuah toko kopi yang menyediakan berbagai macam jenis kopi dan alat untuk membuat kopi. Toko kopi ini tidak hanya menyediakan berbagai jenis kopi dengan cara kedai kopi offline saja. Akan tetapi, mereka juga mengadakan layanan penjualan bubuk kopi dan alat kopi secara online. Mereka membuat sebuah website resmi yang memudahkan masyarakat untuk menikmati berbagai jenis kopi beserta alat untuk membuatnya. Lantas, bagaimana sejarah pembuatan toko kopi ini? Perkembangan toko kopi ini dimulai dari komunitas pecinta kopi yang kemudian membentuk sebuah toko kopi offline. Mereka membangun kedai kopi mereka pada tahun 2012. Setelah itu, mereka mulai mengembangkan usaha dengan memilih biji kopi yang berkualitas dan menyangrainya sendiri. Hasilnya, kopi dengan cita rasa tinggi yang mereka jual. Setelah itu, pada tahun 2013, mereka mulai mengembangkan pelayanan online melaui website resmi mereka. Hal ini dilakukan agar masyarakat lebih mudah untuk menikmati segelas kopi dengan selera mereka masing-masing. Produk yang ditawarkan juga bermacam-macam.  Masyarakat dapat memilih berbagai jenis kopi dengan berbagai ukuran, peralatan dan perlengkapan untuk membuat kopi, berbagai jenis brewers, serta teh. Melalui layanan online ini, toko kopi ini dapat menjangkau masyarakat di seluruh Indonesia.

Salah satu jenis kopi yang dijual adalah kopi jenis Aceh Gayo Atu Lintang Kopi Arabica. Biji kopi ini didapatkan dari wilayah Atu Lintang dengan ketinggian sebesar 1500m. Sementara itu, biji kopi ini didapatkan dari varietas Ateng atau Catimor. Proses pembuatan kopi melalui Semi Washed dan Medium Roast. Kopi jenis ini bisa didapat dalam berbagai ukuran. Selain itu, pembeli juga bisa memilih jenis kopi yang lain yaitu Aceh Gayo Honey Process Kopi Arabica. Kopi jenis ini didapat dari wilayah dan varietas yang sama dengan kopi jenis Aceh Gayo Atu Lintang Kopi Arabica. Hal yang membedakan adalah proses pembuatan kopi yaitu dengan Honey process dan Medium Light untuk proses roasting. Ada juga kopi jenis Aceh Gayo Natural Process Kopi Arabica. Kopi ini ditanam di daerah yang sama dengan dua kopi Aceh Gayo sebelumnya. Hal yang membedakan adalah proses pembuatan kopinya yaitu dengan Natural Process dan Medium Light. Ketiga jenis kopi ini tersedia dalam dua ukuran yaitu 200 g dan 500 g. Kamu bisa memesannya melalui website resmi mereka.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa toko kopi ini juga menjual berbagai macam alat dan perlengkapan untuk membuat kopi. Misalnya, 3D Latte Maker Awataccino II. Alat ini bisa digunakan untuk membuat Latte. Alat ini dibuat dari bahan plastik dengan ukuran 16.8 cm x 15.3 cm x 7.9 cm. Sementara itu, berat alat ini adalah 290 gram. Untuk mengoperasikan alat ini, kamu perlu menggunakan 2 buah baterai AA. Peralatan lain yang dijual adalah Barista & Co – Core Cocoa Shaker (Steel). Alat ini dibuat dari 18/8 Stainless Steel. Alat ini mempunyai ukuran 5 cm x 5 cm x 13 cm. Sementara itu, kapasitas volume yang dapat ditampung oleh alat  ini adalah 120 mL. Selain itu, alat lain yang ditawarkan adalah Barista & Co –Core Stainless Steel Milk Jug. Material yang digunakan untuk membuat alat in iadalah 18/8 Stainless Steel. Kapasitas dari Milk Jug ini adalah 420 mL.