cara membasmi tungau dalam rumah

4 Cara membasmi tungau di rumah dengan bahan alami!

Tungau menjadi hewan yang cukup mengganggu dan menyebabkan rasa gatal. Selain itu, tungau ini merupakan hewan kecil yang sering ada di dalam rumah. Sehingga, kamu perlu mencari cara membasmi tungau dalam rumah supaya kamu tidak terganggu olehnya.

Sebenarnya, tungau ini dapat diusir dengan rajin membersihkan barang-barang yang ada di dalam rumah, termasuk kasur. Akan tetapi, untuk hasil yang maksimal kamu bisa menggunakan beberapa bahan berikut ini.

baca juga: cuci jok mobil Jakarta

Cara Membasmi Tungau Dalam Rumah

1. Bunga Pandan

Salah satu bahan alami yang pertama adalah bunga pandan. Kamu bisa meletakan bunga ini di sekitar daerah atau tempat yang kamu curigai sebagai tempat berkumpul nya tungau.

2. Bunga Lavender

Seperti yang diketahui bahwa minyak ini memiliki aroma yang sangat kuat dan sangat tidak disukai oleh tungau. Kamu dapat menggunakan lavender ini dengan cara membuatnya dengan merendamnya selama satu malam lalu semprotkan ke kasur, ke kursi, atau tempat-tempat lain yang memang dirasa ada tangannya.

Kamu bisa membungkus bunga lavender tersebut dengan kain kering lalu meletakkannya di sekitar benda-benda yang akan dihinggapi oleh tungau. Kamu bisa meletakkannya di tempat tidur, ruang tamu, dan lain sebagainya sehingga tungau pun enggan untuk kembali.

baca juga: cuci karpet jakarta

3. Bawang merah dan bawang putih

Cara ini ternyata sedikit orang yang tahu, tetapi cukup efektif untuk mengusir tungau dari dalam rumah. Kamu bisa menghaluskan bawang merah dan bawang putih, lalu saringlah bawang yang sudah dihaluskan tersebut dan ambilah sari dari kedua bawang tersebut.

Oleskan sari kedua barang ini ke tempat-tempat yang kamu rasa ada tungau nya, tetapi jangan terlalu banyak. Hal ini karena akan menimbulkan aroma yang tidak sedap apabila dioleskan terlalu banyak. Kamu bisa mengoleskannya ke ujung-ujung karpet, celah-celah kursi, dan lain sebagainya.

4. Minyak Pohon The

Minyak ini pun dapat digunakan sebagai cara menghilangkan tungau di rumah, untuk mengaplikasikannya kamu dapat langsung menyemprotkan minyak tersebut ke beberapa ruangan maupun benda-benda yang kamu akan sebagai sarang tungau.