Cara Membuat Mochi

Cara Membuat Mochi yang Enak dan Kenyal

Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan tentang cara membuat mochi yang enak dan kenyal, mochi adalah salah satu makanan yang identik dengan tekstur kenyalnya.

Apa itu Kue Mochi?

Mochi adalah salah satu kue dari Jepang yang saat ini dapat dengan mudah ditemukan di berbagai negara termasuk Indonesia. Kue mochi terbentuk dari tepung beras ketan dengan tekstur kenyal dan memiliki varian rasa yang menggugah selera.

Mochi merupakan kue Jepang yang terbuat dari beras ketan, ditumbuk begitu lembut dan lengket, lalu dibentuk menjadi bulat. Kue ini telah digunakan untuk perayaan Tahun Baru bagi para bangsawan Jepang selama periode Heian (tahun 794 – 1185)

Mochi berasal dari kata kerja “motsu” yang dipegang atau dimiliki, menandakan bahwa mochi adalah makanan yang diberikan oleh para dewa. Ada juga kata “mochizuki” yang berarti bulan purnama dan ada orang yang menyebutnya “muchimi” yang berarti lengket. Petani Jepang biasa makan mochi di musim dingin untuk meningkatkan stamina mereka.

Dan samurai menyukai mochi karena mudah disiapkan dan dapat dibawa kemana saja. Dia mengatakan suara mochi ditumbuk adalah tanda bahwa mereka akan pergi berperang. Pada awal abad ke-10, berbagai jenis mochi digunakan untuk persembahan kekaisaran selama upacara keagamaan.

Cara Membuat Mochi yang Enak

Bahan:

  •     Tepung beras ketan 400 gr
  •     Gula pasir 200 gr
  •     40 gr tepung beras
  •     Tepung Meizena 70 gr
  •     500 ml air
  •     1 sendok teh garam
  •     4 sendok makan mentega
  •     Pewarna makanan sesuai selera
  •     Kacang 160 gr (gunakan mesin pengupas kacang)
  •     Gula pasir 60 gr
  •     6 sendok makan air matang

Cara Membuat Mochi

  1.     Siapkan wadah, campur 400 gram tepung beras ketan, 20 gram tepung beras, 4 sendok makan mentega dan aduk hingga rata. bisa menggunakan mixer roti.
  2.     Masukkan larutan yang terbuat dari 200 gram gula pasir, 1 sendok teh garam dan 500 ml air dalam wadah berisi tepung beras ketan dan tepung beras. Jika Anda ingin mochi berwarna, silakan tambahkan pewarna makanan.
  3.     Aduk semua bahan sampai rata
  4.     Setelah semua bahan tercampur merata, masukkan campuran ke dalam pengukus. kemudian kukus campuran tersebut selama 30 menit
  5.     Setelah selesai keluarkan adonan, lalu masukkan ke dalam wadah dan tunggu hingga suhu turun
  6.     Panggang 160 gram kacang tanah, saat dipanggang, tumbuk sampai halus
  7.     Masukkan kacang tanah halus ke dalam wadah
  8.     Masukkan larutan 60 gram gula pasir dan 6 sendok makan air matang ke dalam wadah yang sudah diisi kacang
  9.     Aduk semua bahan sampai tercampur rata
  10.     Isian pun siap digunakan
  11.     Setelah suhu di luar mochi mulai berkurang, pengisian dapat dilakukan
  12.     Ambil bagian luar mochi sebanyak 3 sendok makan lalu tekan
  13.     Setelah bagian luar mochi diratakan, tambahkan isian kacang dalam 1 sendok makan
  14.     Bungkus isian kacang dengan bagian luar sehingga isinya tidak terlihat
  15.     Setelah itu bentuknya bulat
  16.     Mochi bundar kemudian digulung pada tepung meizena yang sebelumnya dipanggang. Penyajian mochi dapat dilakukan dengan mengatur mochi di atas piring dan kemudian menambahkan hiasan seperti saus cokelat di atasnya agar terlihat lebih menarik.

Itulah ulasan tentang cara membuat mochi yang enak dan kenyal dari saya, semoga setelah membaca artikel ini Anda bisa mengetahui lebih lanjut tentang cara membuat mochi yang baik dan bagus.