Jenis Barang Yang Bisa Digunakan Untuk Souvenir Seminar

Souvenir seminar merupakan paket souvenir yang biasa diberikan oleh suatu organisasi, brand, institusi, ataupun perusahaan ketika mengadakan suatu seminar. Tujuannya untuk memberi kenang-kenangan sebagai cinderamata kepada para peserta seminar tersebut. 

Selain itu, paket souvenir biasanya juga dimanfaatkan sebagai fasilitas peserta dalam mengikuti seminar yang bisa terus digunakan meski seminar telah usai. Seperti misalnya, souvenir tumbler dengan berbagai desain menarik.

Jenis barang yang sering digunakan untuk souvenir seminar perusahaan

Perlu Anda ketahui, kebutuhan peserta suatu seminar bisa berbeda-beda tergantung pada jenis seminar yang diselenggarakan. Hal inilah yang menyebabkan, tak ada ketentuan baku terkait benda-benda yang bisa dijadikan souvenir acara tersebut.  

Isi paket souvenir seminar biasanya disesuaikan dengan konsep acara, budget yang dimiliki penyelenggara, dan tujuan yang ingin dicapai. Namun, ada beberapa item tertentu yang sering digunakan sebagai bagian dari paket souvenir promosi perusahaan seperti berikut ini. 

  • Alat tulis

Tak bisa dipungkiri, alat-alat tulis seperti buku, pulpen, ataupun notes sangat dibutuhkan para peserta untuk mencatat hal-hal penting selama seminar berlangsung. Apabila Anda ingin menggunakan alat tulis sebagai souvenir promosi perusahaan saat seminar, berikut ini ada beberapa pilihan yang bisa dipilih. 

  • Pulpen

Ada banyak jenis pulpen yang bisa Anda pilih untuk dijadikan souvenir seminar. Mulai dari pulpen custom yang dilengkapi tali berwarna hingga pulpen yang tersambung dengan flash disk. Tentu saja, Anda bisa menjadikan pulpen ini sebagai media promosi dengan cara mencetak logo produsen atau penyelenggara seminar di bagian bodi pulpen tersebut. 

  • Notes atau buku catatan

Notes jadi salah satu souvenir seminar yang paling banyak dinanti oleh para peserta. Anda bisa membuatnya tampak sederhana tapi elegan dengan desain cover minimalis. Biasanya, notes atau buku catatan semacam ini memiliki ukuran A5 atau A4 dengan bentuk soft cover dan jilid ring. Sementara notes yang lebih berkualitas, biasanya dibuat menggunakan hard cover yang dikombinasikan dengan pelengkap, seperti kalender. 

  • Flash disk

Benda satu ini merupakan salah satu opsi souvenir seminar yang sederhana tapi sangat dibutuhkan kehadirannya setiap saat. Apalagi ketika seminar, para peserta biasanya membutuhkan flash disk untuk sekadar menyalin dokumen materi. 

Supaya tidak terkesan monoton, Anda bisa memilih beragam bentuk flash disk custom yang sesuai dengan konsep seminar. Ada beberapa variasi model flash disk menarik yang dijual di pasaran. Mulai dari flash disk konvensional hingga yang berbentuk kartu. 

  • Gantungan kunci

Benda satu ini kerap dijadikan souvenir untuk semua jenis acara. Mulai dari acara pernikahan hingga seminar perusahaan ataupun instansi pemerintahan. Pasalnya, gantungan kunci memiliki harga yang relatif terjangkau, sederhana, dan disukai semua kalangan. 

Supaya lebih bermanfaat dan tidak terkesan monoton, Anda bisa mengombinasikannya dengan flash disk, gunting kuku, ataupun pembuka botol. Alangkah lebih baik lagi jika Anda memilih bahan akrilik ataupun kayu agar gantungan kunci yang dijadikan souvenir promosi perusahaan ini terkesan lebih mewah dan elegan. 

  • Tumbler

Apabila Anda memiliki budget lebih, maka souvenir tumbler bisa jadi pilihan terbaik. Bukan hanya terkesan eksklusif, tumbler juga bermanfaat bagi peserta seminar tersebut, meski seminar telah usai. 

  • Tas 

Sebagaimana fungsinya, tas bisa jadi wadah dari semua souvenir promosi perusahaan atau seminar kit yang telah Anda pilih. Jika dibandingkan dengan plastik, tas jauh lebih menarik dan memiliki nilai estetika sebagai wadah pembungkus perlengkapan seminar tersebut. 

Tas juga bisa dipilih bentuk dan jenis bahannya sesuai selera. Mulai dari tas furing, spunbond, tote bag, ataupun goodie bag. Tak hanya bermanfaat selama acara, tas seperti ini juga masih bisa digunakan dalam berbagai keperluan sehari-hari. 

Bahkan, Anda juga bisa menjadikannya sebagai media promosi dengan mencantumkan logo instansi atau perusahaan desain di tas tersebut. Namun, jangan lupa untuk menggunakan desain yang menarik agar tas souvenir ini disukai oleh peserta. 

Nah, itu tadi beberapa ide souvenir seminar yang sekaligus bisa Anda jadikan souvenir promosi perusahaan. Apabila Anda masih bimbang menentukan pilihan, Anda hanya perlu memilih vendor yang cocok untuk memesan produk souvenir custom tersebut.